Selasa, 09 Desember 2014

materi manajemen pemasaran pertemuan pertama

Manajemen pemasaran
-          Manajemen pemasaran : pengelolaan dalam hal pemasaran untuk mengenalkan produk ke konsumen.
-          Devinisi pemasaran : fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan dan memberi nilai kepada pelangkan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentinganya (America Marketing Association)
-          Devinisi manajemen pemasaran: seni & ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan dan mengomunikasikan nilai pelanggan yg unggul
-          Pangsa pasar: pasar yang akan dikuasai oleh perusahaan
-          10 tipe entitas yg dipasarkan : barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, properti, organisasi, informasi & ide
-          Pasar: tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi
-          Konsep inti pemasaran :
1.       Kebutuhan, keinginan & permintaan :
Kebutuhan: syarat hidup dasar manusia
Keinganan : kebutuhan yg diarahkan ke obyek tertentu ubtuk memuaskan kebutuhan
Permintaan: keinginan yg didukung kemampuan untuk membayar
2.       Pasar sasaran, positioning & segmentasi
Pasar jarang dapat memuaskan semua orang dalam satu pasar, hasil yg baik diperoleh bila memilih pasar dan membuat program pemasaran yg sesuai
3.       Penawaaran& merek
4.       Nilai & kepuasan
Nilai: kombinasi kualitas, pelayanan & produk (qsp)
Kepuasan: penilaian kinerja produk dibandingkan dengan ekspetasi
5.       Saluran pemasaran
Saluran komunikasi : saluran satu arah dan saluran dua arah
Saluran distribusi : distribusi hingga agen
Saluran layanan: pembantu transaksi
6.       Rantai pasokan
7.       Persaingan
8.       Lingkungan
Lingkungan luas terdiri dari enam komponen:
a.      Demografis
b.      Ekonomi
c.       Fisik
d.      Teknologi
e.       Politik-hukum
f.        Sosial –budaya

Kuncinya : memperhatikan & menyesuaikan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar