Kamis, 31 Oktober 2013

answer ekonomika

Tugas Ekonomika



1. Bagaimana terbentuknya kurva permintaan?
2. Bagaimana terbentuknya kurva penawaran?
3. Bagaimana terbentuknya kurva keseimbangan pasar?
4. Persaingan sempurna?
5. Persaingan tidak sempurna?
·       Monopoli
·       Monolsami
·       Ulinopoli
·       Manopolatis














1.    Bagaimana terbentuknya kurva permintaan?

a)      Factor factor yang memengaruhi permintaan
Terdapat beberapa kaftor yang dapat mempengaruhi permintaan suatu barang, yaitu:
·         Harga barang itu sendiri
·         Harga barang lain yang terkait
·         Tingkat pendapatan perkapita
·         Selera atau kebiasaan
·         Jumlah penduduk
·         Perkiraan harga di masa mendatang
·         Distribusi pendapatan
·         Usaha usaha produsen meningkatkan penjualan
b)     Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan adalah permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan factor-faktor yang memengaruhinya. Dengan fungsi permintaan, maka kita dapat mengetahui hubungan antara variable tidak bebas (dependent variable) dan variable variable bebas (independent variables).
c)      Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang mengambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli. Kurva permintaan berbagai jenis barangbpada umumnya menurun kekiri atau kekanan bawah, kurva demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai hubungan terbaik.


2.     Bagaimana terbentuknya kurva penawaran?

a)      Faktor-faktor Yang memengaruhi Penawaran
Ada beberapa factor yang dapat memengaruhi penawaran suatu barang, yaitu:

1.      Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan.
2.      Harga barang lain yang terkait
Secra umum dapat dikatakan bahwa apabila harga barang subtitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya.


3.      Harga factor produksi
Kenaikan harga factor produksi, seperti tingakt upah yang lebih tinggi upah yang lebih tinggi, harga bahan baku yang meningkat atau kenaikan bunga modal akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap.
4.      Biaya produksi
Kenaikan harga input sebenarnya jika menyebabkan kenaikan biaya produksi. Dengan demikian jika biaya produksi meningkat maka produsen akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang itu berkurang
5.      Teknologi produksi
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang barang baru, kemajuan teknologi menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
6.      Jumlah pedagang/ penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7.      Tujuan perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba buka hasil produksinya. Akibatnya tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara malksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8.      Kebijakan pemerintah
Kebijakan pemerintah untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan kebutuhan tersebut dipenuhi sendiri sehingga dapat meningktakan penawaran.
b)     Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan factor factor yang memengaruhinya.
c)      Kurva Penawaran
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.



3. Bagaimana Terbentuknya Kurva Keseimbangan pasar?

Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya.

Perubahan kurva:
           
            Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahaan di sisi permintaan dan atau penawaran. Jika faktor yang menyebabkan perubahan adalah harga, keseimbangan akan kembali ke titik awal. Tetapi jika yang berubah adalah faktor-faktor ceteris paribus seperti teknologi untuk sisi penawaran, atau pendapatan untuk sisi permintaan, keseimbangan tidak kembali ke titik awal.





4.    Persaingan Sempurna?

      Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.




Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
a)    pembeli dan penjual banyak sehingga penjual dan pembeli secara perseorangan tidak dapat sesukanya menentukan harga di pasar
b)    barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
c)    pemerintah tidak ikut campur dalam pembentukan harga
d)    pembeli bebas memilih produk
e)    penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar.

5.    Persaingan tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industry yang terdiri dari produsen produsen yang mempunyaio kekuatan pasar ayau mampu mengendalikan harga out-put di pasar.

1.      Pasar oligopoly adalah suatu pasar yang dimana hanya terdapat sedikit penjual yang bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak. Cirri cir pasar oligopoly :
·         Hanya ada beberapa pasar yang mendominasi pasar
·         Barang yang dihasilkan atau dijual bersifat sama
·         Sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya tinggi
2.      Pasar duo poli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu barang dikuasai oleh dua perusahaan.
3.      Pasar monopoli adalah suatu pasar yang dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan atau jasa. Satu penjual tersebut menguasai penjualan sehingga mereka bebas menentukan harga barang dan barang yang dijualnya.
Cirri cirri pasar monopoli:
·         Hanya ada satu penjual
·         Pembeli tidak mempunyai pilihan untuk membeli barang lain
·         Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang subtitusi yang sempurna
·         Harga ditentukan oleh perusahaan
4.      Pasar monopsoni adalah pasar yang dimana hanya terdapat satu pembeli sehingga memiliki kemampuan untuk menetapkan harga.
5.      Pasar oligopsoni adalah suatu pasar dimana pembelian suatu barang di pegang oleh beberapa perusahaan.
6.      Pasar persaingan monopolistic adalah pasar yang didalamnya terdapat persaingan antar pedagang yang melakukan monopoli barang barang yang diperjualbelikan pada dasarnya sama, tetapi jenisnya beraneka ragam.
Ciri ciri pasa monopolistic:
·         Terdapat banyak penjual
·         Terdapat diferensiasi produk
·         Produsen dapat mengandalkan harga pada tingkat tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar